Jumaat, 19 Ogos 2011

The Art of Love - Empat Unsur Hadir Dalam Cinta

1. Care (Perhatian)
Cinta harus melahirkan perhatian pada objek yang dicintai.
Ketika kita mencintai seseorang, maka kita akan memperhatikan kesulitan yang dihadapinya, akan berusaha meringankan bebannya, dan memberikan perhatian yang tinggi atas semua gerak-geriknya.

2. Responsibility (Tanggung Jawab)
Cinta harus melahirkan sikap bertanggung jawab terhadap objek yang dicintainya.
Suami yang mencintai isterinya, akan bertanggung jawab terhadap kesejahteraan dan kebahagiaan rumahtangganya. Ia pun akan bertanggungjawab dan mendedikasikan segenap potensi dirinya untuk ‘membahagiakan’ objek yang dicintainya.

3. Respect (Hormat)
Cinta harus melahirkan sikap menerima apa adanya objek yang dicintai dan selalu berikhtiar agar tidak mengecewakannya. Inilah yang disebut respect

4. Knowledge (Pengetahuan)
Cinta harus melahirkan minat untuk memahami selok-belok objek yang dicintai.
Ketika kita mencintai seseorang yang akan menjadi teman hidup, kita akan berusaha memahami keperibadian, latar belakang, minat dan kualiti keimanannya.
Empat komponen cinta inilah yang senantiasa tersemat di hati para sahabat. Dan kesan yang ditimbulkannya begitu dahsyat.


"Tidak ada batasan cinta yang lebih jelas daripada kata cinta itu sendiri. Membatasinya hanya akan menambah kabur dan kering maknanya. Maka, batasan dan penjelasan cinta tersebut tidak bisa dilukiskan hakikatnya secara jelas, kecuali dengan kata cinta itu sendiri"- Imam Ibnu Qayyim Al- Jauziyyah

Tiada ulasan: